Song of Disaster - Full (Indonesian Subtitle) 2020

Pulau Simeulue, salah satu pulau yang terletak di Provinsi Aceh, memiliki sebuah kearifan lokal yang hingga saat ini masih terus dilestarikan yaitu Nandong Smong. Nandong yang berarti syair atau nyanyian, sedangkan Smong ialah tsunami dalam bahasa Simeulue. Dalam keseharian, Nandong Smong biasanya dituturkan pada saat melaut, bertani, atau berkebun hingga menidurkan anak. Tradisi turun-temurun inilah yang menyelamatkan penduduk Pulau Simeulue pada tsunami Aceh 26 Desember 2004 silam, sehingga hanya tujuh orang yang menjadi korban jiwa.

Gempa Hanshin Awaji yang terjadi pada 17 Januari 1995 di Kobe mengakibatkan kerusakan yang parah serta merenggut banyak korban jiwa sehingga Jepang terus mengembangkan kesiapsiagaan bencana dalam segi ketahanan bangunan. Di samping itu, terdapat sebuah grup musik yang personilnya merupakan korban dari gempa tersebut yaitu Bloom Works, yang mana lagu-lagu mereka fokus pada pesan pencegahan bencana.

Lagu-lagu yang berisi pesan-pesan kesiapsiagaan terhadap bencana ini dapat menjadi salah satu media edukasi bencana yang menyenangkan agar kita tidak lupa bahwa bencana pernah terjadi dan akan kembali terjadi suatu saat nanti. Aceh dan Kobe memiliki media penyampaian pesan bencana yang sama melalui nyanyian bencana.

Nyanyian Bencana (Song of Disaster)

Line Producer :Ahmad Ariska
Director : Shiti Maghfira, Ahmad Ariska
Cameraman : Ahmad Ariska
Drone Pilot : Aceh Aerial
Film Editor : Amondaya Alfanmono
Music Scoring : Relax Music No Copyright, Promenade - Bloom Works
Translator : Taek Hyun Lee, Shiti Maghfira

Thanks to
Bloom Works Official
Hiroyuki Ishida
Masuda Kazuhiro
Prof. Yoshiteru Murosaki
Taek Hyun Lee
Ikuko Sakashita
Megumi Honjo
Asuka Maebayashi
Disaster Reduction and Human Renovation Institution (DRI) Kobe
2020 International Forum on Telling Live Lessons from Disaster (Tell-Net)

Copyright © 2020